ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHATANI BERAS DI DESA TOMBATU SATU KECAMATAN TOMBATU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.70524/j199a778Abstrak
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran beras, besar biaya pemasaran dan margin pemasaran di desa Tombatu Satu Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada falsafat pospositivesme untuk meneliti pada fokus ilmiah, kejadian dan fakta melalui Responden, Kuesioner dan Survei langsung dilapangan sehingga diperoleh gambaran umum mengenai saluran pemasaran beras di Desa Tombatu Satu. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling (teknik secara sengaja) dan sampel yang dipilih sebanyak 55 sampel dan dianggap paling tahu mengenai pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis margin pemasaran dan biaya pemasaran yang ada di Desa Tombatu Satu. Dari hasil yang telah dilakukan menunjukan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran beras di Desa Tombatu satu. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp.900/Kg sedangkan total margin pemasaran sebesar Rp.3.000/Kg. Dari hasil perhitungan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Tombatu satu dinyatakan efisien dan saluran pemasaran 1 lebih efisien dibandingkan dengan saluran 2 dan 3, karena petani menerima nilai produk 100% sehingga petani tidak dirugikan tetapi diuntungkan.
Unduhan
Referensi
Anonim, 2018. Kantor BPP Kecamatan Tombatu.
Arbi, M. Thirtawati, Junaidi, Y. 2018. Analisis Saluran Dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 1978-5437.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik (BPS), 2018. Produksi Tanaman Padi Sawah menurut Kecamatan. Diakses pada laman https://mitrakab.bps.go.id/indicator/53/359/1/produksi-tanaman-padi-sawah-menurut-kecamatan.html, pada tanggal 18 november 2022.
Crizthine, 2021. Skripsi Analisis Saluran Pemasaran Beras Adan DIi Wilayah Perbatasan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan.Nurhayati, R.
Darus, 2018. Analisis Pemasaran Padi Sawah Di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Agribisnis, 20.1, 1–10 https://doi.org/10.31849/agr.v20i1.1492diakses pada tanggal 24 November 2022.
Devi, I. 2022. Srategi Pemasaran Produk Beras Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Makassar Wilayah Sulawesi.
Husnarti, Amelia, G. 2020. Identifikasi Saluran Dan Permasalahan Pemasaran Padi Sawah Di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasamaan. Jurnal MENARA Ilmu Vol. XIV No.02.
Husaini, M. Rosni, M. 2020. Analisis Saluran Dan Efiiensi Pemasaran Beras Di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru. Frontier Agribisnis, 4.(3) : 76–81.
Korua, M. 2022. Analisis Pemasaran Jagung di Desa Tombatu Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara.
Lasitya, D.S. Irwandi, P. Kharisudin, A. 2022. Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Beras Di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7:(1), 94–102.
Onthoni, T. 2022. Analisis Pendapatan Usahatani Gula Aren Di Desa Talaitad Kecamatan Suluun Tareran.
Paramba, F. Retang, K.U.E. Saragih, C.E. Analisis Pemasaran Beras Di Desa Kambuhapang Kecamatan Lewa Kabupaten Sumba Timur. JurnalPertanian Agros Vol. 24 No.3, Oktober 2022: 1192-1204.
Rasam, F. Sari, A. I. C. 2018. Peran Pemasaran Dalam Kegiatan Usaha Pada Masyarakat Di Desa jatibaru Cikampek. Journal of Applied Business and Economics Vol. 5 No. 2:82-96.
Raspati, A. B. Yusuf, M.N. Hakim, D.L. Analisis Saluran Pemasaran Komoditas Padi (Studi Kasus Di Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7.1, 97 <https://doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2563>.
Sahara, E. 2020. Analisis Usahatani Dan Pemasaran Padi Sawah Di Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.
Siregar, M. Sulardi, 2018. Agribisnis Budidaya Padi, https://www.researchgate.net/publication/358981424di akses pada tanggal 24 november 2022.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suptratna, Y. Setia, B. Sudrajat. 2020. Analisis Saluran Pemasaran Padi Organik (Studi Kasus pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 7, Nomor 1, Januari 2020 : 71 – 77.
Ustriyana, I.N.G. 2017. Pemasaran Agribisnis’, Modul. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana, 1, 1–14.
Yuniarti, D. Rahayu, S.E. Harisudin, M. 2017. Saluran Pemasaran Beras Organik Di Kabupaten Biyolali. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 1(2): 112-121.






