ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)Pada Ruas Jalan Kokole-Batu Likupang, Kabupaten Minahasa Utara
DOI:
https://doi.org/10.70524/cgtsd935Kata Kunci:
Pavement Condition Indeks (PCI), Kerusakan Jalan, Pemeliharaaan InfrastrukturAbstrak
PCI (Pavement Condition Index) merupakan metode penilaian yang sistematis dan objektif dalam menilai kondisi permukaan jalan dengan mengukur tingkat kerusakan dan penurunan kualitas jalan. Metodologi penelitian melibatkan inspeksi lapangan untuk mengidentifikasi berbagai jenis kerusakan seperti retak, lubang, dan deformasi yang kemudian diklasifikasikan sesuai dengan kategori kerusakan PCI. Data yang diperoleh dianalisis untuk menentukan nilai PCI keseluruhan serta level kondisi jalan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruas jalan Kokole-Batu Likupang mengalami kerusakan dengan tingkat PCI yang bervariasi dan beberapa segmen memerlukan perhatian segera dan mengindikasikan kebutuhan perbaikan dan pemeliharaan yang berbeda-beda untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi dan menjadi dasar bagi perencanaan dan pengelolaan pemeliharaan jalan, serta meningkatkan kualitas infrastruktur transportasi di daerah Minahasa Utara.Unduhan
Referensi
Akat, F., Kabo, D., & Ferdinandus, A. (2023). Perencanaan tebal perkerasan lentur ruas jalan baumata-tarus dengan metode bina marga 2017. 10, 2–7.
Akbar, M., Betaubun, H., Utary, C., Pamuttu, D. L., & Pasalli, D. A. (2023). Identifikasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Pada Sistem Jaringan Jalan Perkotaan. Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID), 2(1), 7–13. https://doi.org/10.58466/rigid.v2i1.1161
BPS Kabupaten Minahasa Utara. (2022). Kabupaten Minahasa Utara Dalam Angka 2017.
Hafiza, N. L., & Sholichin, I. (2022). Perbandingan Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga dan PCI (Pavement Condition Index) pada Ruas Jalan Sampang-Ketapang STA. 23+800-29+100 Provinsi Jawa Timur. KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.33005/kern.v8i1.62
Lailatul Jannah, R., Yermadona, H., & Dewi, S. (2022). Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Bina Marga Dan Pavement Condition Index (PCI) (Studi kasus : Jl. Lintas Sumatera Km 203 - 213). Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.33559/err.v1i2.1134
Manual perkerasan jalan, kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jendral bina marga. (2017). 1–235. https://binamarga.pu.go.id/v3/uploads/files/112/manual-desain-perkerasan-jalan.pdf
Novialdi, N., Eka Priana, S., & Bastian, E. (2022). Perbandingan Evaluasi Nilai Kerusakan Permukaan Jalan Raya Kubu Karambia – Pasar Pitalah Dengan Metode Bina Marga Dan Metode Pavement Condition Index (Pci). Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(3), 35–47. https://doi.org/10.33559/err.v1i3.1234
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006, Tentang Jalan, Pub. L. No. 34, Tentang Jalan 107 (2006).
Peraturan Menteri Pekerjaan UMUM Republik Indonesia Nomor 13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan, Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia 1 (2011).
Pratama, D. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Di Ruas Jalan Dengan Metode Pci Dan Bina Marga ( Raya Trowulan-Jombang ). Seminar Nasional Fakultas Teknik, 1(1), 202–207. https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.36
Pratama, W., Yermadona, H., & Herista, F. (2023). Tinjauan Kerusakan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Subarang Taram, Kabupaten Limapuluh Kota (STA 0+000 – STA 1+000). 2(3), 28–32.
Panduan Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan Jalan, Surat Edaran Nomor: /SE/Db/2017,Bina Marga, (2017).
Purnomo, F. J., & Putra, K. H. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci, Sdi, Dan Bina Marga Serta Alternatif Penanganan Kerusakan. Jurnal Riset Teknik Sipil Dan Sains, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.57203/jriteks.v1i1.2022.9-19
Rabiupa, W. A., Rijal, K., & Dewi, N. P. E. L. (2023). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga dan PCI pada Jalan Tgh. Lopan-Bundaran Gerung. Empiricism Journal, 4(1), 192–202. https://www.researchgate.net/publication/372591044_Analisis_Kerusakan_Jalan_Menggunakan_Metode_Bina_Marga_dan_PCI_pada_Jalan_Tgh_Lopan-Bundaran_Gerung
Rahmi, F., Ishak, & Bastian, E. (2023). Analisis Kerusakan Jalan Pada Lapisan Permukaan Dengan Metode Pci dan Bina Marga. Ensiklopedia Research and Community Service Review, 2(3), 55–60.
Rendy, O. A., Umam, Khotibul Saputro, Yayan Adi Qomaruddin, M., & Roesdiana, T. (2017). Analisis Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Raya Jepara – Bangsri Kabupaten Jepara Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Dan PCI (Pavement Condition Index). 1(1), 2588–2593.
Riduan. (2023). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Ruas Jalan Tirta Kencana-Pandanwangi). 02, 91–107.
Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management For Airports, Roads And Parking Lots. In Second Edition (Ed.), Highway Engineering. https://doi.org/10.1201/b17690-21
Taufikkurrahman. (2021). Analisa Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga. SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik, 17(1), 45–53. https://doi.org/10.37303/sistem.v17i1.206