PENGARUHMEDIA SOSIAL, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNSRIT

Penulis

  • Efendi Derek Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Penulis
  • Githa Ils Rumambi Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Penulis
  • Priska S.T. Mawuntu Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon Penerjemah

Kata Kunci:

Minat Berwirausaha; , Media Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan, Rasa Percaya Diri

Abstrak

Minat merupakan keinginan atau rasa ketertarikan terhadap suatu hal yang ingin dilakukan oleh seseorang tanpa ada unsur keterpaksaan dan atas dasar keinginan pribadinya, dengan adanya minat akan membuat seseorang menjadi terdorong untuk mencapai sesuatu. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berwirausaha, diantaranya dipengaruhi oleh media sosial, pengetahuan kewirausahaan dan rasa percaya diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial, pengetahuan kewirausahaan dan rasa percaya diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif melalui analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa Universitas Sariputra Indonesia Tomohon dengan Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan media sosial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha, rasa percaya diri mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha serta media sosial, pengetahuan kewirausahaan dan rasa percaya diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berwirausaha. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUHMEDIA SOSIAL, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNSRIT. (2024). Jurnal EHO , 4(2), 28-37. https://ejournal.unsrittomohon.ac.id/index.php/EHO/article/view/119