ANALISIS KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.70524/6zegkt09Kata Kunci:
Kinerja Pegawai, Kualitas Kerja, Kuantitas Kerja, Ketepatan Kerja dan Efektivitas KerjaAbstrak
Kinerja memiliki peranan yang sangat penting karena kinerja merupakan bentuk hasil akhir dari proses pegawai menyelesaikan tugas. Pegawai yang menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu dan benar maka memiliki kinerja yang tinggi. Kinerja pegawai juga merupakan faktor penentu dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kinerja Pegawai yang ada di Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kinerja pegawai di Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon dilihat dari aspek kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, dan efektivitas kerja sudah baik akan tetapi belum optimal terutama dari segi ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan kedisiplinan. Untuk itu masih diperlukan perbaikan dan peningkatan kinerja pegawai untuk mencapai tujuan organisasi yang optimal.