PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PENGANTARBUDAYA DALAM TRADISI LARVUL NGABALKABUPATEN MALUKU TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.70524/0tm6m049Kata Kunci:
Pengembangan, Media_Interaktif, Budaya, Larvul_NgabalAbstrak
Di era industri 4.0, masyarakat milenial di kabupaten Maluku Tenggara, mulai kehilangan pengenalan dan pemahaman tentang nilai-nilai budaya dalam adat Larvul Ngabal, sehingga dikembangkan Media Interaktif Pengenalan Budaya dalam Tradisi Larvul Ngabal Kabupaten Maluku Tenggara sebagai sarana edukasi nilai-nilai budaya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian dari penilaian ahli materi dengan total skor 45, dan skor harapan 100, hasil kelayakan materi pada media interaktif 90,00% termasuk kelompok Sangat Layak, hasil penelitian dari penilaian ahli media dengan total skor 132, sedangkan skor yang diinginkan 140, hasil valid kelayakan media interaktif berdasarkan penilaian ahli media adalah 94,29% termasuk kelompok Sangat Layak, hasil penelitian dari penilaian pengguna dengan total skor 595, sedangkan skor yang diharapkan adalah 700, hasil kelayakan media interaktif berdasarkan penilaian pengguna adalah 85,00% termasuk dalam kategori Sangat Layak untu menambah pengetahuan siswa serta dapat juga menjaga kelestarian budaya dan adat Larvul Ngabal.
Unduhan
Referensi
Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1),97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380
Anggraini, A., Ramadhan, A. N., Nur, G., Putra, I., Triyono, M. B., Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Pendidikan vokasi. 5(3).
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122–2132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.930
Kamasi, N. V. V., & Saruan, T. J. (2020). Mobile Learning (M-Learning) Based Learning Application Design for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sains, 20(2), 70. https://doi.org/10.35799/jis.20.2.2020.27877
Khairani, N. (2020). Fakultas tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri ar-raniry banda aceh 2020 m/ 1442 h. Identifikasi Tipe Stomata Pada Tumbuhan Angiospermae Di Kampus Uin Ar-Raniry Sebagai Referensi Pratikum Anatomi Tumbuhan.
Keith Francis Ratumbuisang. (2022). Developing e-market Information System Android Based in Minahasa Regency. Jurnal Fokus Elektroda, e-ISSN: 2502-5562.
Meidy, Atina. Kuron., & M. T. (2020). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 46–58. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.
Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 856–864.
Susanto, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Negeri Kota Jambi. FORTECH (Journal of Information Technology), 47–53