Pelatihan Internet Sehat sebagai antisipasi Cyber Bullying Anak Remaja di SMP Negeri 2 Ratahan
Kata Kunci:
Bullying, Internet, Literasi Digital, SMP Negeri 2 RatahanAbstrak
Pelatihan Internet Sehat sebagai Antisipasi Cyber Bullying Anak Remaja di SMP Negeri 2 Ratahan bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa sekaligus membekali mereka dengan keterampilan praktis dalam mengelola privasi dan menghadapi ancaman cyber bullying. Program ini melibatkan pemberian materi edukasi tentang penggunaan internet yang bijak, identifikasi bentuk-bentuk cyber bullying, serta cara melaporkannya. Kegiatan dilengkapi dengan simulasi pengaturan privasi akun dan diskusi kelompok untuk mendorong keterlibatan siswa. Berdasarkan pre-test dan post-test Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa sebesar 85%, Peningkatan kesadaran etika berinternet sebesar 95%, Kemampuan praktis dalam melindungi disi secara digital sebesar 80%, Siswa mampu mengenali bentuk cyber bullying dan menunjukkan perubahan sikap positif dalam menggunakan media digital secara etis sebesar 90%. Partisipasi aktif guru dan dukungan sekolah juga menjadi elemen penting keberhasilan program ini. Program ini diharapkan dapat menjadi model yang diterapkan secara berkelanjutan di lingkungan sekolah lain untuk menciptakan ekosistem digital yang sehat, aman, dan mendukung perkembangan remaja di era digital.
Referensi
Boyd, D. (2014). It's Complicated: The Social Lives of Networked Teens. Yale University Press.
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2015). Bullying Beyond the Schoolyard: Preventing and Responding to Cyberbullying. Sage Publications.
Livingstone, S., & Haddon, L. (2009). EU Kids Online: Final Report. EU Kids Online Network.
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2020). Cyberbullying Prevention and Response: Expert Perspectives. Routledge.
Willard, N. (2007). Cyberbullying and Cyberthreats: Responding to the Challenge of Online Social Cruelty, Threats, and Distress. Research Press.