Pendampingan Kelompok Kerja Dalam Pengembangan Wirausaha Di Desa Wioi Induk dengan memanfaatkan produk unggulan Desa
Kata Kunci:
Wirausaha, Produk Unggulan, Wioi IndukAbstrak
endampingan kelompok kerja pilihan dalam pengembangan desa wirausaha merupakan langkah strategis dalam mengoptimalkan potensi yang ada di Desa Wioi Induk, tujuan dilakukan nya kegiatan ini yaitu diharapkan kelompok kerja masyarakat desa Wioi Induk ini dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan bimbingan yang diperlukan, metode pelaksanaan yaitu menggunakan penetapan base-line kegiatan berdasarkan kondisi Riil dari program, kemudian mengukur permasalahan atau kebutuhan mitra sebagai latar belakang kegiatan, mencari langkah strategis untuk merealisasikan kegiatan, rancangan untuk mengukur dan mengevaluasi hasil kegiatan serta mencari pihak-pihak yang dapat membantu kegiatan pengabdian yang diusulkan, dengan memanfaatkan prouk unggulan desa yang dimiliki seperti hasil pertanian Desa dapat menciptakan nilai tambah dan membuka peluang pasar yang lebih luas, melalui pendampingan kelompok kerja pilihan dalam pengembangan desa wirausaha di desa Wioi Induk diharapkan dapat tercipta lingkungan yang kondusif bagu tumbuh kembangnya wirausaha lokal serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mendorong kemandirian ekonomi Desa.
Referensi
Sari, R. W., & Windarto, A. P. (2019, February). Penerapan Electree Pada Seleksi Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di STIKOM Tunas Bangsa. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Statistik Daerah Kabupaten Minahasa Selatan 2023. BPS Kabupaten Minahasa Selatan.
Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan. (2017). Panduan Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Santoso, S. (2012). Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.
Suryana. (2013). Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2012). Economic Development. Pearson.
Yuliarmi, N. (2018). Pengaruh Pengembangan Produk Unggulan Daerah terhadap
Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 85-97.