PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN KINILOW-KALI

Penulis

  • Fransiskus Akat Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Penulis
  • Dr. Don R.G. Kabo, SST., MT., IPM Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Penulis
  • Aprildy R.A. Ferdinandus, ST., MT Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Penulis

Kata Kunci:

Tebal Perkerasan, Metode Analisa Komponen SKBI 1987 Bina Marga

Abstrak

Analisa Tebal Perkerasan Lentur Pada Rencana Peningkatan Jalan Ruas Kinilow-Kali 
STA.00+000 s/d 006+700 bertujuan untuk menghitung tebal perkerasan lentur jalan dengan 
menggunakan petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan Metode Analisa 
Komponen Standar Konstruksi Bangunan Indonesia (SKBI) 1987 sebagai dasar untuk 
merencanakan jalan. Data lalu lintas tahun 2021, data curah hujan tahun 2010 digunakan Faktor 
Regional 2.0, data California Bearing Ratio (CBR) 4,9% mendapatkan nilai daya dukung tanah 
4,6 untuk merencanakan tebal perkerasan lentur 1 jalur, 2 lajur dan 2 arah jalan. Berdasarkan 
analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil pada metode analisa komponen SKBI 1987 Bina 
Marga untuk lapisan permukaan (surface course) digunakan laston MS 744 kg dengan 
tebal 7,5 cm, untuk lapisan pondasi atas (base course) digunakan batu pecah dengan tebal 20 cm, 
dan untuk lapis pondasi bawah (subbase course) digunakan sirtu kelas A dengan tebal 40 cm. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

SKBI (Standar Konstruksi Bangunan

Indonesia), Petunjuk Perencanaan

Tebal Perkerasan Lentur Jalan

Raya Dengan Metode Analisa

Komponen. Departeemen Pekerjaan

Umum, Republik Indonesia, SKBI

3.26.1987, UDC.625.73(02)

Sukirman, Silvia. 1999. Perkerasan

Lentur Jalan Raya. Bandung : Nova

Sukirman, Silvia. 2010. Perencanaan

Tebal Struktur Perkerasan Lentur.

Bandung : Nova

Wibowo, Joko. 2017. Analisis Desain

Perkerasan Jalan Metode Bina

Marga 1987, bina marga 2002 dan

Evaluasi struktur perkerasan jalan

(ruas pelebaran jalan Bantal –

Mukomuko Bengkulu) Tesis Program

Studi Magister Teknik Sipil Sekolah

Pascasarjana Universitas

Muhammadiyah Surakarta

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN KINILOW-KALI (F. Akat, D. Kabo, & A. Ferdinandus , Trans.). (2024). Jurnal Multidisiplin Sariputra, 14(1), 25-30. https://ejournal.unsrittomohon.ac.id/index.php/multidisiplinsariputra/article/view/13