PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA WATERFALL CARD TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DI SD GMIM 1 KAKASKASEN
DOI:
https://doi.org/10.70524/8t78tj90Kata Kunci:
Pendidikan Kesehatan; Waterfall Card; Pengetahuan; Sikap; BullyingAbstrak
Bullying atau perundungan merupakan permasalah serius di Indonesia yang melibatkan semua lapisan masyarakat. Bullying merupakan tindakan yang sengaja di lakukan dan memberikan dampak buruk bagi korban. Penelitian ini berfokus untuk melihat apakah pendidikan kesehatan menggunakan media waterfall card berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap anak tentang cara mencegah bullying. Metode: penelitian kuantitatif ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan rancangan pre-post test with control group design. Jumlah sampel 32 responden dengan Intrumen kuisioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon untuk kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil: uji Wilcoxon pengetahuan pada kelompok intervensi menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, dan hasil uji pengetahuan kelompok kontrol mendapatkan nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,025 < 0,05. Selanjutnya hasil uji Wilcoxon sikap pada kelompok intervensi menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, dan sikap kelompok kontrol, nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,059 > 0,05. Kesimpulan: dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendidikan kesehatan menggunakan media waterfall card terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa pencegahan bullying pada anak sekolah di SD GMIM 1 Kakaskasen.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dinda Junica Lestari Nusa Linga (Author); Priska S. T. Mawuntu, SE., MBA, Ellen Timmerman (Translator)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice EditEdit Copyright Notice
Dharma Medika Journals is licensed under ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.