Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Lirung

Penulis

  • enjel Bawiling Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Penulis
  • Sofietje B. Pangkerego Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon Penulis
  • Olivia Bawaeda Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon Penulis
  • Tinny Wilhelmina M. Akay Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon Penulis

DOI:

https://doi.org/10.70524/ts33ef31

Kata Kunci:

Kualitas pelayanan Kesehatan, Kepuasan , Pasien rawat jalan, Hubungan

Abstrak

Puskesmas tidak hanya memberikan pelayanan saja, tetapi juga melaksanakan berbagai program Kesehatan yang bersifat promotive, preventif, kuratif dan rehabilitative. Puskesmas di Indonesia sampai tahun 2023 menurut Sistim Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, tercatat 10.180 untuk puskesmas (Keputusan Menteri Kesehatan RI, 2023). Pada Kabupaten Talaud sebanyak 21 unit, salah satunya adalah Puskesmas Lirung dengan data jumlah penduduk yang ada di wilayah kerja Puskesmas Lirung adalah 6.272 orang. Tujuan penelitian. untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Lirung. Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan CROSS-SECTIONAL. Populasi dAlam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berusia 17 tahun keatas yang berkunjung atau berobat ke Puskesmas Lirung. Dengan rata – rata kunjungan 621 orang, sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 243 responden.SAMPEL 243 ORANG menggunakan teknik sampling PURPOSIVE SAMPLING. Teknik analisa data menggunakan univariat dan bivariat menggunakan uji statistik CHI-SQUARE. terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Kualitas pelayanan yang baik, yang diukur melalui dimensi-dimensi seperti keandalan, responsif, jaminan, empati, dan bukti fisik, berkontribusi besar terhadap tingkat kepuasan pasien. Tingkat kepuasan pasien juga menunjukkan hasil yang bervariasi. Meskipun 59,7% responden menyatakan puas, masih terdapat 29,6% yang merasa kurang puas. Ketidakpuasan ini sering kali disebabkan oleh kualitas komunikasi antara pasien dan tenaga medis. 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Lirung. (2025). DHARMA MEDIKA, 5(1), 074-086. https://doi.org/10.70524/ts33ef31