Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Lirung
DOI:
https://doi.org/10.70524/ts33ef31Kata Kunci:
Kualitas pelayanan Kesehatan, Kepuasan , Pasien rawat jalan, HubunganAbstrak
Puskesmas tidak hanya memberikan pelayanan saja, tetapi juga melaksanakan berbagai program Kesehatan yang bersifat promotive, preventif, kuratif dan rehabilitative. Puskesmas di Indonesia sampai tahun 2023 menurut Sistim Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, tercatat 10.180 untuk puskesmas (Keputusan Menteri Kesehatan RI, 2023). Pada Kabupaten Talaud sebanyak 21 unit, salah satunya adalah Puskesmas Lirung dengan data jumlah penduduk yang ada di wilayah kerja Puskesmas Lirung adalah 6.272 orang. Tujuan penelitian. untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Lirung. Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan CROSS-SECTIONAL. Populasi dAlam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berusia 17 tahun keatas yang berkunjung atau berobat ke Puskesmas Lirung. Dengan rata – rata kunjungan 621 orang, sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 243 responden.SAMPEL 243 ORANG menggunakan teknik sampling PURPOSIVE SAMPLING. Teknik analisa data menggunakan univariat dan bivariat menggunakan uji statistik CHI-SQUARE. terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Kualitas pelayanan yang baik, yang diukur melalui dimensi-dimensi seperti keandalan, responsif, jaminan, empati, dan bukti fisik, berkontribusi besar terhadap tingkat kepuasan pasien. Tingkat kepuasan pasien juga menunjukkan hasil yang bervariasi. Meskipun 59,7% responden menyatakan puas, masih terdapat 29,6% yang merasa kurang puas. Ketidakpuasan ini sering kali disebabkan oleh kualitas komunikasi antara pasien dan tenaga medis.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 enjel Bawiling, Ns. Sofietje B. Pangkerego, S.Kep., M.Kes, Ns. Olivia Bawaeda, M.Kep., Sp. Kep. An, Ns. Tinny Wilhelmina M. Akay, S.Kep., M. Kes (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice EditEdit Copyright Notice
Dharma Medika Journals is licensed under ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.