PENGARUH E-WOM, BRAND TRUST, E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNASHOPEE MAHASISWA UNSRIT
Keywords:
E-wom; , Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Elektronik, Keputusan PembelianAbstract
Ketika ada persaingan antar merek, pelanggan dihadapkan pada berbagai merek yang berbeda di pasar, yang memaksa mereka untuk membuat keputusan yang bijak dengan mempertimbangkan apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Trust dan Electronic Service Quality terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna shopee di Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sariputra Indonesia Tomohon yang mengakses aplikasi Shopee sebanyak 100 responden. Peralatan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of Mouth dan kualitas layanan elektronik secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online. kepercayaan merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee di kota tomohon
Downloads
References
Aisyiyah, A. H., & Ubaidillah, H. (2023). Analysis Of E-Service Quality and Electronic Word Of Mouth On Purchasing Decisions On E-Commerce Shopee [Analisis E-Service Quality dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee].
Daugherty, T., & Hoffman, E. (2014). eWOM and the importance of capturing consumer attention within social media. Journal of Marketing Communications, 20(1–2), 82–102. https://doi.org/10.1080/13527266.2013.797764
Eka, D., Khoirunnisa, V., Dini Wilanda, S., Nurliana, S., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Tokopedia. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(2), 53–65. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i2.749
Emeralda, Wulandari, J., & Adistya, D. (2020). ANALISIS E-TRUST, E-WOM, DAN E-SERVICE QUALITYDALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(2).
Helmi, A. (2017). PEMBAGIAN PERAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KELUARGA. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2017.
I Made Satya Graha dan Made Wardana. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hardy’S Negara. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 2, 309–334.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran (9th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2017). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2017). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Paludi, S. (2016). ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP CITRA DESTINASI, KEPUASAN WISATAWAN, DAN LOYALITAS DESTINASI PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI (PBB) SETU BABAKAN JAKARTA SELATAN. Panorama Nusantara.
Parasuranman, A. (2014). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. Prentince Hall.
Pembelian, K., Bandung, M., Shopee, D. I., Arsyalan, A. G., Ariyanti, M., Manajemen, P. S.-1, Telekomunikasi, B., Informatika, D., & Bisnis, E. (n.d.). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP THE IMPACT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH ON SHOPEE’S PURCHASING DECISION IN BANDUNG.
Qurbani, D., & Pasaribu, V. L. D. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY NASABAH PRUDENTIAL SYARIAH PADA PT. FUTURISTIK ARTHA GEMILANG (Studi kasus di kantor cabang agensi Prudential Syariah PT. Futuristik Artha Gemilang Jakarta Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3). https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2834
Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 4(3), 403–416. https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336
Rauf, N., Kamase, J., & R, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, Kualitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Merek. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 2(3).
Rinjani, D. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pengguna PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan-Tanjung Balai). http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/15455
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. CV Budi Utama.
Simamora, V., & Fauziah, S. (2019). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PADA E-COMMERCE.
Similliarweb. (2023). Top Marketplace Websites in Indonesia Ranking Analysis for December 2023. https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/e-commerce-and-shopping/marketplace/
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.