HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DENGAN POLA ASUH DAN TEMAN SEBAYA
DOI:
https://doi.org/10.70524/wypj8722Keywords:
Early Childhood Gadget Use, Parenting, PeersAbstract
Gadget adalah hasil olah teknologi canggih pada zaman modern ini. Gadget memudahkan kita untuk berkomunikasi, mencari literatur yang dibutuhkan. Dalam psikologi perkembangan anak usia dini dikatakan sebagai anak yang berumur 0-6 tahun. Pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat relatif konsisten dari waktu ke waktu. Teman sebaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sahabat atau orang yang sama-sama bekerja. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget pada anak usia dini dengan pola asuh dan teman sebaya di Kelurahan Kakaskasen Tiga Kota Tomohon. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel berjumlah 143 responden menggunakan teknik sampling. Hasil Penelitian menggunakan uji spearman rho variabel penggunaan gadget dengan pola asuh dan didapati nilai koefisien korelasi r hitung=0.492, variabel penggunaan gadget dan teman sebaya didapati nilai koefisien korelasi r hitung=-0.404 berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi berada pada nilai 0.40-0.599 artinya adalah ketiga variabel memiliki hubungan dengan kategori sedang, dan untuk nilai signifikan didapati p=0.000<α0.05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan menunjukkan adanya kekuatan hubungan variabel penggunaan gadget dengan pola asuh dan teman sebaya dengan tingkat hubungan sedang kuat
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice EditEdit Copyright Notice
Dharma Medika Journals is licensed under ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.